Langsung ke konten utama

Ulasan Buku “Planet Omar, Accidental Trouble Magnet” by Zanib Mian

  https://www.tulisanshinta.site/2023/10/ulasan-buku-planet-omar-accidental.html “…, but my dad said that Allah knows all the languages in the universe, so we can talk to him whenever we want to.” (page 178). Dikisahkan seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, bernama Omar. Ia hidup bersama keluarganya yang terdiri dari ayah, ibu, adik laki-lakinya yang bernama Esa berusia 3 tahun, kakak perempuan bernama Maryam berusia 13 tahun. Keluarga Omar berasal dari Pakistan, dan mereka menetap di Inggris. Kedua orang tua Omar bekerja sebagai ilmuwan. Permasalahan muncul ketika sang ibu mendapatkan pekerjaan baru di kota lain. Omar sekeluarga harus pindah tempat tinggal. Hal ini yang membuat Omar gelisah sebagai anak laki-laki yang mulai remaja. Ia harus beradaptasi dengan lingkungan rumah, sekolah barunya, dan tentu saja teman-teman barunya. Apakah Omar dan keluarganya berhasil beradaptasi dengan lingkungan rumah barunya? Apakah Omar memiliki teman di sekolah barunya? Bagaimana Omar menghadapi
BUKBER

     Tergesa-gesa aku menuju rumah. Hari sudah sore. Sebentar lagi bedug tiba. Namun karena keterbatasan memori dan padatnya kegiatan selama seminggu ini, aku telah melupakan acara yang telah dinanti-nanti selama beberapa minggu ini. Sore ini aku dan mantan kawan-kawan SMA akan melakukan reuni bersama, sambil berbuka puasa tentunya, setelah lima tahun terpisah dengan kesibukan masing-masing. 

     Tiba -tiba, entah dari mana, dan bagaimana, Silvia menghubungi ketika aku tengah tenggelam dalam lautan silabus, RPP, LPJ, serta meeting Ramadhan Camp. Sempat berusaha keras untuk menyingat sosok Silvia yang berkata-kata dengan penuh semangat diujung telepon sana tiga minggu yang lalu. Dia menceritakan betapa susahnya menemukan nomor kontakku. Bertanya sana sini hingga membongkar aneka media sosial yang sedang in saat ini hingga yang jadul yang hanya diketahui oleh  orang-orang kelahiran tahun tertentu.

  Alhamdulillah...kini ia berhasil menemukanku. Bisa kalian bayangkan kan bagaimana bahagianya ia ketika aku mengkonfirmasi kebenaran semua kriteria tentang aku yang is sebutkan selama menelepon? Aku pun akhirnya berhasil menampakkan figur Silvia dalam benakku. Setelah membongkar-bongkar long term memory dan short term memory, akhirnya kutemukan sosok Silvia, perempuan yang saat SMA bertubuh kecil, kulit putih, rambut pendek sebahu, serta selalu melibatkan teman-temannya untuk membuat acara sekolah maupun liburan sekolah bersama.

      Kami pun bercakap-cakap panjang kali lebar. Saling menanyakan kabar masing-masing, kesibukan yang sedang dilakukannya, serta akhirnya muncullah ide untuk mengumpulkan semua teman-teman satu kelas kami. Nah, ini pun menjadi berita mengejutkan selanjutnya.

     Berhubung aku adalah sosok terakhir yang berhasil ditemukan, akhirnya. Maka Silvia dengan bangganya menentukan tempat reuni di tempat aku tinggal sekarang ini. Waktunya ya sekarang ini saat bukber. Untuk seksi humas, sudah tentu Silvia yang akan mengurus semua kehadiran teman-teman almamater ini.

     Selama bulan Ramadhan, sekolah tempatku bekerja memberikan kebijakan para karyawannya untuk pulang  pukul 14.00. Namun, memang dasar akunya, masih berusaha membereskan PR-PR masa lalu yang belum tuntas hingga muncul WA dari Bimo menanyakan alamat lengkap acara bukber nanti. 

      MasyaAllah! Hari ini ada bukber? Aku langsung terperanjat. Melihat jam di dinding hampir waktu ashar. Aku langsung beres-beres. Terdengar suara azan ashar. Aku pun langsung sholat bersama teman-teman yang lain.

     Inilah yang membuat aku sekarang berada di posisi ini. Aku berada di tengah-tengah pasar kaget yang penuh dengan orang-orang yang menjual dan akan membeli aneka takjilan, lauk, dan segala pernak-pernik Ramadhan. Sebenarnya aku tidak suka berada di pasar. Silvia pun tahu itu. Makanya, ia langsung memutuskan tempat acara di rumahku.  Ini hukuman karena aku sibuk di dalam bumi sehingga mereka kesulitan menemukanku, ungkapnya waktu itu sambil tertawa. 

Heeh...ya sudahlah. Demi membahagiakan mereka yang sudah lama tak bertemu, aku pun menyetujui saran Silvia. Jadi disinilah aku berada. Ditengah lautan takjil yang beraneka warna, serta aroma-aroma sedap yang mengguncang kedamaian kerongkongan hingga perutku. Akhirnya kuputuskan saja tuk mengambil beberapa aneka takjilan serta lauk, lalu bersegera beranjak dari situ untuk menyiapkan dan menyambut teman-teman bukber di rumahku.

#RWCODOP2018
#onedayonepost
@komunitas.odop




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Super Blue Blood Moon

Tribunnews.com Berita akan terjadinya gerhana bulan hari ini (Rabu, 31 Januari 2018) sudah tersebar sejak 3-4 hari yang lalu. Teman-teman kecilku di kelas 5 Salman Al Farisi sudah sibuk membincangkannya. Aku pun yang tadinya hanya menganggap sebagai suatu fenomena alam yang biasa terjadi, lambat laun mulai tertarik untuk mengintip secuil informasi mengenai ini. Tahukah kamu kalau fenomena gerhana bulan saat ini adalah kejadian fenomena alam yang luar biasa? Kali ini bulan akan tampak lebih besar daripada biasanya, terjadi gerhana bulan penuh,  serta warnanya merah seperti darah akibat bias dengan cahaya matahari. Bulan pada saat ini benar-benar menunjukkan keelokannya. Tiada yang dapat menandingi kecantikannya ditengah temaramnya malam. "Langit boleh gelap. Namun aku akan senantiasa memberikan secercah cahaya pada kegelapan," ungkap sang Super Blue Blood Moon. 😁 Kita,  sebagai makhluk bumi yang terpisahkan jarak dan waktu dengan sang bulan hanya bisa menikmati sa

Pustakawan dan Laptop Asus Vivobook 14X OLED

Memasuki tahun ajaran baru menjadi tantangan setiap tenaga pendidik di sekolah-sekolah. Mengenalkan kembali adab-adab dalam menuntut ilmu, adab kepada guru, adab bermain, termasuk juga adab dalam menjaga lingkungan sekolah merupakan materi yang harus disampaikan pertama kali pada siswa di awal kedatangan dan sepanjang perjalanan pembelajaran. Tantangan ini tidak hanya menjadi milik tenaga pendidik saja, tapi juga tenaga kependidikan, termasuk saya, seorang pustakawan. Sebagai seorang pustakawan, terutama pustakawan sekolah dasar, ada rasa tanggung jawab untuk melatih keterampilan literasi peserta didiknya bersama para tenaga pendidik lain. Perpustakaan menjadi sarana pendukung pembelajaran di kelas. Dengan adanya Kurikulum Merdeka, perpustakaan semakin berperan penting dalam memperlancar proses pembelajaran ini. Pustakawan menyiapkan media-media yang dapat meningkatkan keterampilan literasi seluruh warga sekolah, yakni siswa, guru, kepala sekolah, juga tenaga administrasi dan tenaga pe

Review Buku Sketsa Negeri Para Anjing

  Judul: Sketsa Negeri Para Anjing Penulis: Shabrina Cetakan pertama: Rabiul Akhir 1427 H/ Mei 2006 Penyunting: Sakti Wibowo dan Nurul Hidayati Desain Cover: Arif Yunur Rivan Illustrasi Cover: Ferly Leriansyah Penerbit: Lini Zikrul Remaja (Zikrul Hakim), Jakarta Jumlah Halaman: 160 halaman, uk. 11,5 x 17,5 cm ISBN: 979-9140-34-x      Buku ini merupakan kumpulan cerpen yang sarat dengan nilai religi. Pesan religi disampaikan oleh penulis melalui kisah-kisah yang melekat dalam kehidupan sehari-hari kita. Tak luput pula penulis menyampaikan dengan plot twist yang berbeda-beda. Terkadang membuat pembaca berpikir, siapakah sosok utama dari tokoh yang diceritakan cerpen tersebut.      Diawali dengan kisah seorang ibu guru baru mendaftar ke sebuah sekolah. Namanya adalah Bu Brin. Ia diamanahi mendidik anak berkebutuhan khusus. Dengan berbekal pengalaman mengajar di sekolahnya terdahulu, ditambah dengan kesabaran dan doa yang terus menerus diucapkan, akhirnya Allah membukak