Sunday, February 18, 2018

Cara Mengusir Gejala Flu yang Mengganggu

www.pexcels.com
Sumber: www.pexcels.com
Di musim hujan seperti sekarang ini,  banyak bakteri yang menyebabkan sakit batuk,  pilek,  bahkan demam.  Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tua,  muda,  anak-anak,  maupun orang dewasa.

Bila kita mulai terkena penyakit ini,  akan diawali gejala-gejala yang mulai kita rasakan pada tubuh kita.  Misalnya tenggorokan terasa sakit,  sulit untuk menelan air apalagi makanan,  hidung mulai terasa panas,  adanya cairan encer yang terus keluar dari hidung,  bersin-bersin,  bahkan kadang yang paling berat bila kita mulai merasa suhu badan kita naik.

Bila mulai terasa keadaan pada badan kita seperti ini,  baiknya lakukan upaya-upaya penanggulangan pertama.  Berikut yang biasa saya lakukan bila gejala sakit flu mendera.

1. Segera minum obat flu dengan air putih hangat.
2. Segera minum vitamin C untuk memulihkan kondisi badan serta membantu kerja obat flu.
3. Segera istirahat,  tidur yang cukup.
4. Minum air jahe dan madu untuk meringankan sakit tenggorokan dan mengobati panas dalam.
5. Hindari makan gorengan dan minum dingin.  Sangat dianjurkan makan makanan yang berkuah,  seperti sop.
6. Cukupkan makan makanan yang bergizi dan perbanyak minum air putih hangat.

Demikianlah tips-tips mengatasi gejala flu yang biasa dilakukan oleh keluarga kami.  Alhamdulillah setelah melakukan langkah tersebut,  dalam waktu 1-3 hari gejala tersebut dapat hilang.

Selamat mencoba!  😊

www.pexcels.com
Sumber : www.pexcels.com


#TantanganODOP
#Onedayonepost
#ODOPbatch5

MENULIS UNTUK TERAPI



www.pexels.com
Sumber photo: www.pexels.com

Malam itu, tepat pukul 20.00 wib, pada grup WA TNB 1-18 GO binaan dari Mbak Pipiet diadakan diskusi mengenai kegiatan menulis bisa dijadikan sarana terapi bagi penulisnya. Pemberi materi adalah Mbak Artha Julie Nava. Beliau adalah seorang Branding Strategist dan Social Branding Analisyt. Beliau juga aktif sebagai salah satu trainer di Sekolah Perempuan dari Indscript Creative.

Saya sangat terkesan dengan hasil diskusi kemarin. Ternyata kerja otak itu luar biasa. Apa yang kita pikirkan, sadar atau tidak sadar bisa menjadi kenyataan. Mangkanya dulu ada film yang tokoh penjahatnya bilang, “be careful with what you wish for.” Mungkin ini maksudnya, tapi saya sudah lupa itu film apa   😅 😅
Berikut adalah materi yang kita diskusikan.

==================================================================================
  💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜
=============================================================

MENULIS UNTUK TERAPI

Terapi menulis (writing therapy) adalah teknik yang umum digunakan oleh para psikolog atau couch. Mereka menggunakan metode ini sebagai salah satu sarana terapi bagi klien-klien mereka. Fungsinya yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan atau pemulihan dari sisi psikologis orang. Teknik ini bukan untuk membuat langsung sembuh, namun ini akan mempercepat proses penyembuhannya.

Terapi dengan cara menulis akan mendorong kita untuk memahami kenapa peristiwa itu terjadi pada kita, mengapa sebuah problem itu bisa terjadi, untuk membuat kita dapat membaca ulang suatu masalah yang tengah kita hadapi, dan membantu kita menemukan titik-titik yang menjadi masalah utama yang dianggap penting, serta memberikan kesempatan kita untuk mengoreksi cara berpikir kita. Karena sering suatu problem bisa terjadi karena cara pandang kita yang tidak tepat. Sehingga kita menanggapi masalah keliru dan akhirnya masalah tersebut tidak selesai. Terapi menulis membantu kita memahami suatu permasalahan yang kita sedang hadapi dan membantu kita menemukan benar-benar solusinya.

Terapi menulis ibarat detoks dalam tubuh kita. Perumpamaannya seperti rumah. Di setiap rumah pasti ada sampah. Entah itu dari kamar, dapur, atau debu-debu ruang tamu. Nah, sampah ini dimasukkan dalam tempat sampah. Namun, bila tempat sampah ini tetap disimpan di rumah, rumah akan tetap bau yang akan mempengaruhi kesehatan kita jika terus-menerus menumpuk sampah di rumah. Oleh sebab itu, secara teratur sampah-sampah tersebut dikeluarkan. Setiap hari atau setiap minggu ada petugas  yang mengangkut sampah-sampah kita.

Demikian pula ketika kita melakukan detoks pada badan. Misalnya selama tiga hari kita tidak memakan apapun kecuali buah dan sayur. Tujuannya yaitu untuk melunturkan sampah yang ada di dalam tubuh kita, sehingga organ-organ tubuh kita dapat bekerja optimal. Hal-hal yang mempengaruhi kesehatan, seperti lemak yang berlebihan, atau junk food dapat keluar semua dari badan, sehingga kita dapat beraktivitas keseharian menjadi lebih baik.

Begitu juga terapi menulis (writing therapy), mendetoks yang ada dalam pikiran kita. Tujuannya adalah untuk melunturkan semua sampah yang ada dalam pikiran kita.  Menulis sebagai terapi ini untuk bisa mengeluarkan pengalaman yang baik dan pengalan yang tidak baik. Detoksnya untuk mengeluarkan pengalaman-pengalaman yang traumatis dan sebagainya, setelah itu untuk dibaca, kemudian dibuang atau dibakar.

Selain itu, ada juga terapinya memfokuskan pada pengalaman yang positif. Tujuan dari terapi ini adalah untuk memperkuat (reinforcement) hal-hal positif yang sebenarnya sudah ada dalam diri kita. Menulis novel sebagai salah satu media alternatif untuk mengeluarkan apa yang dirasakan oleh penulisnya pada peristiwa tertentu. Dengan menulis diharapkan orang tersebut akan menjadi lega, dan dapat menerima keadaan diri sendiri.

Namun, lain halnya bila menulis pengalaman negatif. Menulis pengalaman negatif ibarat pisau bermata dua. Hasilnya tidak selalu positif. Ada individu, yang semakin menulis curhatannya, akibatnya semakin parah. Ia akan semaki terpuruk, semakin sakit-sakitan. Hal ini dikarenakan menulis hal-hal negatif bisa memperkuat (reinforce) pikiran yang negatif. Oleh sebab itu, bila terapi dengan menuliskan hal-hal negatif sebaiknya dengan pendampingan.

Cara kerja otak kita adalah semakin sering sesuatu itu di ulang, maka sel-sel dalam otak kita akan semakin kuat untuk merekam  informasi itu. Apapun yang kita masukkan ke dalam pikiran kita, baik yang positif maupun negatif, ini akan membentuk cabang-cabang tersendiri dalam susunan otak kita dan itu akan mempengaruhi cara, sikap, serta pilihan kita bertindak selanjutnya. Jika yang kita perkuat terus menerus adalah pengalaman negatif, maka yang kuat dalam otak adalah pengalaman yang negatif dan besar kemungkinan itu akan membuat kita kembali mengulang hal-hal negatif itu tanpa disadari.

Sebaliknya, jika yang kita perkuat adalah hal-hal yang baik, yang menyenangkan, maka  di otak juga yang kuat adalah hal-hal tersebut sehingga ketika kita menghadapi masalah atau kejadian yang sama, repon kita juga akan sama seperti saat kita senang, bahagia, sama seperti saat kita mendapatkan pengalaman positif tersebut.

Banyak penelitian menunjukkan, ketika kita mengingat hal membahagiakan dalam hidup kita, mengingat pengalaman-pengalaman yang menyenangkan dampaknya dapat mengangkat mood kita menjadi lebih baik. Bahkan jika pengalamn tersebut ditulis hanya dalam dua menit sehari, itu dapat memberikan efek luar biasa terhadap mood (suasana hati) kita. Istilahnya adalah mood booster.

Nah, sekarang marilah kita coba terapkan writing therapy dengan pendekatan positif. Coba;ah menuliskan satu pengalaman positif, bisa pertama kali jatuh cinta dengan suami, memiliki anak, pertama kali keluar negeri, pertma membelikn kendaraan untuk orantua, pertama kali memenangkan beasiswa, pertama kali mendpaat tender besar. Tuliskan pengalaman yang menyenangkan tersebut, gambarkan bagaimana peristiswanya, apa yang dirasakan, suasananya ketika itu, dan mengapa hal itu membuat kita senang luar biasa.

=============================================================================
💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 💜 💙 💚 💛 =============================================================

Jadi, apakah Anda masih mau menuliskan status curhatan baper di medsos ? 😁

Sumber: 
  • Materi diskusi, "Menulis Untuk Terapi", disampaikan oleh Artha Julie Nava pada WA Group TNB 1-18 GO bimbingan Mbak Pipiet.


Day 27
#TantanganODOP
#Onedayonepost
#ODOPBatch5

Friday, February 16, 2018

Pandangan Itu...

Kriuk... Kruek... Terdengar suara yang begitu bergemuruh dari dalam perut Ratih. Perut ini sudah sibuk melakukan konser sejak 30 menit yng lalu. Ratih ingin sekali pergi ke warung sate di depan gedung tempat ia bekerja. Namun saat itu hujan deras. Rasa lapar dan dingin menyelimuti tubuh Ratih. Ingin ia bersabar,  menunggu sejenak kedatangan sang pria pujaan hatinya untuk menjemputnya dan makan bersama diiringi bunyi rintikan hujan.  Terkesan romantis bukan?

Tapi tidak! Aku tak tahan menunggu,  maafkan aku,  kekasihku.  Ratih langsung berjalan terburu-buru menuju warung sate Cak Holil, toh hujan sudah mereda. Tak dipedulikannya lagi cipratan lumpur yang mengenai roknya saat berjalan tadi.  Setibanya di sana Ratih langsung memesan.

"Bu,  pesan 15 tusuk sate ayam.  Makan sini ya Bu. " Langsung Ratih duduk di salah satu kursi yang kosong setelah ibu tukang sate mengiyakan pesanannya. Warung kecil itu sedang tidak terlalu ramai.  Hanya ada pasangan ibu dan anak yang tengah menyantap sate di depan Ratih,  dan suami istri di seberangnya sedang menunggu pesanan juga sepertinya,  sambil berbincang-bincang.

Ratih melihat ke kanan dan kiri sekitar meja makannya.  Sayang sekali tidak ada kerupuk putih keriting kesukaannya.  Ratih langsung memutuskan untuk membeli kerupuk di warung kelontong,  hanya beberapa langkah dari warung sate Cak Holil.  "Bu,  saya ke sana sebentar ya.  Saya titip barang-barang saya di sini dulu,"  pamit Ratih pada ibu penjual sate.

Sesampainya di warung kelontong,  Ratih merasakan ada yang bergetar di saku bajunya. Ah... Sang kekasih hati menelepon.  "Yang,  aku bentar lagi nyampe nih," terdengar suara lembutnya di ujung sana.
"Ok.  Tapi nanti tolong jemput aku di Cak Holil aja ya. Aku tadi dah kelaperan sangat. "
" Oh,  kalo gitu,  pesanin aku juga dong. 5 sate kambing,  5 sate ayam,  1 sop kambing,  sama nasi ya. Bentar lagi aku nyampe kok. "
" Ok," jawab Ratih riang.  Segera setelah Ratih mematikan telpon,  membayar kerupuk di warung, ia segera berjalan kembali ke warung Cak Holil. Kali ini hujan telah berhenti.  Ratih tak perlu lagi setengah berlari kembali ke warung sate. 

Sesampainya di tempat penjual sate,  Ratih menyampaikan pesanan sang pujaan hati. "Bu,  sate saya dah jadi?"
"Iya, non. Tuh di situ. "
"Ok,  tambah lagi ya.  5 sate ayam,  5 sate kambing,  dan 1 sop kambing,  pake nasi 1."
"Dibungkus, Non?“
"Tidak, makan di sini."

Seselesainya Ratih berkata demikian, mendadak ekspresi wajah ibu sate berubah.  Ibu sate tertegun,  memandang wajah Ratih dengan seksama untuk beberapa detik.  Terlihat oleh Ratih ekspresi heran namun dibuat biasa,  seperti tidak terjadi apa-apa oleh ibu sate. 

Ratih langsung duduk di kursi dan menyantap sate pesanannya.  Selang berapa lama kemudian, terdengar suara motor yang dikendarai oleh sang pujaan hati.  Ratih melirik ke arah suara tersebut. Ternyata memang si dia,  tengah memarkirkan motornya di salah satu sisi warung.

"Assalamualaikum!" sapanya pada bapak penjual sate yang sedang mengipasi sate pesanan para konsumen. 
"Wa'alaikumussalam," jawabnya. "Oh... Pantes ada ibu.  Ternyata bapak nyusul toh, " katanya setengah tertawa.
Suami Ratih langsung duduk di sebelah Ratih. "Kenapa mereka tampak kayak terkejut gitu?" tanyanya sambil berbisik.
"Hihihi... Aku memang gak bilang ke mereka pesanan yang terakhir untuk ayah.  Pas aku pesan dan untuk makan di sini juga sepertinya mereka heran,  nih si ibu beneran atau dah jadi sundel bolong?  Nah,  pas ayah datang, mereka jadi lega deh.  Terjawab sudah misteri besarnya," jelas Ratih sambil tertawa cekikikan berusaha agar tak terdengar penjual sate. 



Day26
#TantanganODOPkeempat
#Onedayonepost
#ODOPbatch5

Jeritan Sang Kasoot

www.pexels.com
Source : www.pexels.com
Aku lelah. Tuanku hanya tahu memakaiku saja. Aku harus mengantarnya ke sekolah,  menemaninya bermain bola kaki,  basket,  kadang berlari-lari ke lahan yang becek.

Tuanku tidak pernah memperhatikan langkahnya.  Apakah ada lubang di depan jalannya?  Apakah ada yang menghalangi jalannya? Apakah ada benda tajam di jalanan? Apakah ada hal yang menjijikkan di sana? Semuanya di jalani saja tanpa memikirkan akibatnya. 😢

Sebetulnya aku tak masalah bila ia terus menerus memakaiku saat beraktivitas.  Hanya saja... Aku juga ingin diperhatikan!  Aku juga ingin diperlakukan seperti pakaian-pakaian seragam sekolahmu,  pakaian bermainmu,  bahkan sepeda dan bola alat mainmu.

www.pexels.com
Source : www.pexels.com


Aku kan juga ingin,  sekali-kali,  kau mandikan aku.  Kau buka tali-tali yang mengikat ini,  kemudian dikucek dengan air sabun dan dibilas lalu dikeringkan. Aku kan juga ingin lidahku menjulur keluar,  lalu aku disiram dengan air sabun hingga ke bagian dalam,  kemudian disikat sampai ke dalam-dalam hingga bersih. Setelah itu,  aku disiram kembali dengan air bersih sampai tak ada sisa sabun di tubuhku.

Aku ingin sekali merasakan hangatnya sinar mentari masuk ke pori-pori tubuhku. Merasakan hangatnya mentari hingga merasuk ke dalam tubuhku.  Aku ingin merasa segar kembali seperti saat kau membeliku di toko sepatu.

Tak bisakah kau mendengar jeritanku,  wahai Tuanku yang mulia! 😭

Aku lelah! Aku lelah! Aku benar -  benar lelah,  Tuanku! 😭 😭 😭

Eh.. Oh.. Apa ini?... Mau dibawa kemanakah aku ini, Tuanku?  Apakah kau akan membuangku?...😨
Tidak...  Tidak!  Jangan buang aku,  Tuanku! Jangan..!  Aku masih ingin bersama engkau,  Tuanku!  Jangan buang aku,  kumohon! 😫 😫 😫

BYUURR... BYUURR... BYUURR!!!
Apa ini?!
Yaa Allah,  akhirnya Tuanku mendengar jeritanku yaa Allah. Alhamdulillah...

Eh,... Tapi kenapa Tuanku bisa membersihkanku hari ini? Oh iya sekarang kan hari libur dan cuaca lagi cerah. Terima kasih yaa Allah,  telah membuat Tuanku memperhatikanku di saat aku telah putus harapan dengannya. 😌

Engkau lah Sang Maha Pengabul Do'a,  amiin yaa robbal'alamin. 😇

Days25
#TantanganODOP
#Onedayonepost
#ODOPbatch5

Tips Mencuci Baju Tanpa Mesin Cuci

www.pexels.com
source: www.pexels.com
Bagi sebagian orang liburan adalah waktu menikmati waktu luang bersama keluarga,  entah itu dihabiskan dengan kegiatan tamasya ke luar rumah ataupun hanya berlibur di rumah saja.  Namun berbeda dengan saya.  Setelah lima hari bekerja di sekolah,  hari keenam adalah hari bekerja di rumah. Pekerjaan utamanya adalah mencuci baju.  😄

Mencuci baju adalah pekerjaan rumah yang hukumnya adalah wajib, karena bila kita tidak mencuci baju akan ada seragam yang belum tercuci, akhirnya dapat mempengaruhi kinerja kita dikemudian hari. Belum bila turun hujan.  Makinlah terlambat keringnya.  😅

Berikut adalah tips-tips mencuci baju tanpa menggunakan mesin cuci alias dengan tangan 😀
1. Pisahkan antara baju yang berwarna dan baju yang putih. Pisahkan juga antara pakaian dalam dengan celana - celana luar,  terutama celana berbahan jeans karena celana jeans akan lebih berat bila terkena air daripada pakaian dengan bahan lainnya. Pisahkan juga pakaian yang mudah luntur. Biarkan hingga tumbuh rasa kangen diantara mereka (eaaaa..  😆 😘 😘 😘 ).

2.  Siapkan air pada bak cuci baju secukupnya, campur dengan sabun cuci baju,  lalu kocek hingga berbusa .

3. Masukkan pakaian nuansa putih dengan jumlah sesuai dengan ukuran bak. Pastikan baju terendah dengan air sabun. Lalu diam kan selama 30 menit.

4. Setelah 30 menit,  kucek bagian -  bagian baju yang sering kotor,  yakni bagian kerah,  ketiak,  ujung lengan (bila lengan panjang),  badan bagian depan atau bila ditemukan noda di baju tersebut. Kucek hingga bersih dengan sesekali di berikan air sabun.

5. Setelah tuntas,  peras, kemudian sisihkan.  Lakukan hal ini hingga seluruh baju tuntas. Lalu buanglah air bekas cucian tadi.

6. Rendam lagi pakaian yang sudah di kucek dan peras tadi dengan air bersih.  Lalu bilas hingga bersih (minimal 2 kali bilas).

7. Pastikan air perasan pada bilas yang terakhir sudah tidak mengandung buih sabun lagi. Bila sudah tidak ada sisa sabun,  maka baju tersebut sudah layak dijemur.

8. Lakukan hal yang sama untuk tumpukan baju lainnya.

9. Untuk mencuci celana panjang yang perlu menjadi perhatian adalah bagian bokong,  ujung kaki,  dan paha hingga lutut. Untuk mencuci celana bisa dengan bantuan papan gilas atau sikat baju. Lalu bilas seperti petunjuk sebelumnya.

Mencuci dengan tangan sungguh berat.  Mungkin Dilan juga takkan sanggup (eaaaa... 🙃    😆 ).  Jadi, baiknya jangan menumpuk cucian.

Bila tidak memungkinkan untuk melakukan pencucian sendiri,  apalagi musim hujan begini,  ada baiknya mulai berbagi rezeki dengan para penyedia jasa laundry kiloan. 😃  😍

www.pexels.com
Source: www.pexels.com


Selamat Hari Mencuci Sedunia!  😆😍😍

Days24
#TantanganODOP
#Onedayonepost
#ODOPbatch5

Tuesday, February 13, 2018

Rumah Idaman


Apakah kamu tahu ada berapa kebutuhan pokok manusia?
Kebutuhan pokok manusia ada 3 macam, yaitu sandang, pangan,  dan papan. Sandang adalah kebutuhan akan pakaian,  pangan adalah kebutuhan akan makanan,  dan papan adalah kebutuhan akan tempat tinggal.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yakni kebutuhan akan tempat tinggal, tempat berlindung.
Sekarang ini banyak rumah dengan berbagai tipe dan modelnya. Namun intinya bagaimanapun bentuknya, dan dimanapun lokasinya, rumah yang baik harus bisa berfungsi sebagi tempat perlindungan. Rumah yang baik adalah rumah yang bersih dan sehat.

Untuk dikatakan bahwa rumah yang kita tinggali termasuk rumah sehat,  ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi.  Apa saja kriteria rumah kita dikatakan sehat?

Berikut adalah ciri-ciri rumah sehat. Rumah sehat adalah rumah yang memiliki:

Ventilasi atau jendela, sebagai tempat pertukaran udara. Bila sirkulasi udara di rumah tersebut baik, otomatis penghuninya pun akan sehat, selain itu juga agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke ruangan rumah kita sehingga terhindar dari lembab

pintu sebagai jalan keluar dan masuk penghuni rumah.

Kamar mandi  dan toilet. Bagaimana penghuninya bisa hidup sehat bila tempat membersihkan diri kurang baik?

Dapur, tempat untuk mengolah makanan mentah menjadi makanan siap santap yang baik bagi penghuni rumah.

Saluran pembuangan / saluran air yang baik.

Setelah memiliki ciri rumah sehat seperti di atas,  bagaimana membuat rumah tersebut terus menerus memberikan kesehatan bagi penghuninya?
Tentu saja para penghuni rumah harus merawatnya.

Adapun cara merawatnya adalah :
1. Rutin membersihkan area rumah tempat kita tinggal.  Misalnya menyapu dan mengepel lantai, menyapu pekarangan rumah,  serta menyediakan tempat sampah untuk memudahkan membuang sampah.
2.  Selalu membersihkan saluran air / got / selokan.  Bila ada air mengenang sdi saluran tersebut,  dapat menjadi tempat  sarang nyamuk demam berdarah.
3. Menyikat kamar mandi setidaknya 1- 2 kali dalam satu minggu. Kamar mandi adalah tempat kita bersih -  bersih.  Ada baiknya tempat ini juga bersih,  terhindar dari kuman penyebar penyakit.

Demikian tips-tips merawat rumah.  Bagaimana dengan rumah Anda?

Day23
#TantanganODOP
#Onedayonepost
#ODOPbatch5







Sang Burung Hantu yang Bijaksana

Tahu Harry Potter?
Itu loh... Penyihir yang tampangnya  kayak John Lenon masih abegeh. 😅

Nah,  bang Harry Potter itu punya hewan peliharaan. Kamu tahu tidak hewan peliharaan Harry Potter apa?  Gara-gara nonton Harry Potter yang pertama,  saya sempet obses lho sama hewan ini.

Saya sempet cari nih hewan di pasar hewan.  Padahal nih hewan termasuk endangered species. 😅 Tapi tetep aja bela-belain beli supaya punya. 😆 Jangan ditiru ya teman-teman..

Hewan tersebut adalah burung hantu.  Dengan segala keunikannya, saya sangat suka burung hantu.  Kamu tahu tidak kalau burung hantu dapat memutar kepalanya 180° ke belakang?

Ia juga sangat suka berburu tikus.  Oleh karena itu,  banyak orang yang tinggal di pedesaan menggunakan burung hantu tuk menyelamatkan produksi beras mereka.

Burung hantu termasuk jenis karnivora dan dia aktif di malam hari (nocturnal).  Kedua matanya menghadap ke depan, berbeda dengan jenis burung -  burung yang lain,  matanya ada di sisi kanan dan kiri kepalanya.

Ia gemar berburu di malam hari.  Ia dapat memperkirakan jaraknya dengan sang mangsa dalam kegelapan, hanya berdasarkan indera pendengaran dan getaran pada bulu-bulunya. Keren kan?  😃

Ini sebagian gambar-gambar sosok burung hantu yang menggemaskan 😁



Sumber :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Burung_hantu

Day22
#TantanganODOP
#Onedayonepost
#ODOPbatch5


Cara Mengusir Gejala Flu yang Mengganggu

Sumber: www.pexcels.com Di musim hujan seperti sekarang ini,  banyak bakteri yang menyebabkan sakit batuk,  pilek,  bahkan demam.  Penya...